Cara Merawat Sofa Armchair Bahan Canvas Agar Selalu Baru

339 views

Sofa armchair adalah salah satu perabot rumah yang penting karena bisa membuat nyaman kala beristirahat. Sofa ini bisa diletakkan di ruang tamu, ruang keluarga maupun teras. Sofa ada yang mempunyai rangka kayu dan bahan penutup seperti kain katun, kulit, beludru dan lain sebagainya. Harganya pun berbeda-beda tergantung bahannya. Semakin bahannya bagus, kokoh dan awet tahan lama maka semakin mahal harganya.

furniture4

Namun, jika tidak dirawat dengan baik bisa membuat sofa armchair menjadi nampak buruk atau lawas dan tidak tahan lama.  Anda perlu tahu bagaimana cara merawatnya yang baik dan benar. Sehingga, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran untuk perabot rumah. Sebab, biasanya sofa atau perabot furniture lainnya mesti bisa bertahan hingga 10 tahunan. Nah, berikut ini langkah-langkah merawat sofa armchair agar selalu nampak baru dan tahan lama!

  • Jangan terkena sinar matahari secara langsung karena bisa membuat warnanya cepat pudar. Apabila Anda menempatkannya pada teras, sebaiknya diberikan pelindung saat siang hari kalau tidak sedang digunakan.
  • Bersihkan sofa armchair setiap hari sehabis dipakai oleh binatang piaraan dan anak-anak bermain. Sebab, biasanya akan menimbulkan debu, perhatikan bagian sudut-sudut sofa pula. gunakan sikat plastik untuk membantu Anda membersihkannya.
  • Jemur bantalah kursi di bawah terik matahari setiap satu minggu sekali selama 1 jam. Pukul-pukul serta bolek-balik bantalah sehingga debu dan bakteri yang menempel bisa mati atau hilang. Bantalah juga akan kembali menggembung dan lebih empuk, tapi hindari terlalu lama menjumrnya karena bisa menjadi sebaliknya.
  • Ganti atau putar posisi bantalan-bantalan sofa secara rutin untuk membuatnya tetap terlihat baik seperti saat pertama membeli. Jangan duduk hanya pada satu tempat yang sama.
  • Segera bersihkan sofa armchair yang terkena noda. Jika bahannya sutra, kulit asli, linen atau bludru, hindari memakai cairan kimia yang belum tahu cara pemakaian yang tepat. Gunakan saja air bersih biasa dan langsung dilap kain kering, kemudian jemur. Jangan menggunakan hair dryer tapi biarkan terkena angin saja. Sebab, hair dryer bisa merusak serat kain.

Berikut ini macam-macam bahan sofa armchair dan cara penanganan saat membersihkannya.

  • Katun : gunakan air dan boleh disetrika
  • Polyster : cara membersihkannya menggunakan dry cleaning karena tidak baik bila terkena air.
  • Sutra (Silk) : pakailah dry cleaning untuk membuat awet kainnya dan agar serat kainnya tidak berubah. Begitu pula ketika membersihkan sofa yang berbahan kain woll.
  • Kulit : pakailah kain basah dan gosokkan di area yang kotor atau yang ingin dibersihkan.

Jika Anda menggunakan cairan pembersih kimia pastikan cairan itu cocok dengan bahan sofa armchair. Bersihkan secara berkala dan terapkanlah langkah-langkah diatas untuk membuat sofa Anda selalu cantik dan menarik.

 

Leave a reply "Cara Merawat Sofa Armchair Bahan Canvas Agar Selalu Baru"