Tips Memilih Atap Rumah Sesuai Karakteristik dan Jenis Genteng

164 views

Membangun rumah bukanlah perkara yang mudah. Perlu banyak sekali bahan material yang disiapkan agar bangunan rumah Anda bisa berdiri dengan kokoh. Salah satu material penting yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan genteng rumah. Banyak sekali jenis dan harga genteng yang beredar di pasaran, seperti genteng metal, genteng beton, genteng tanah liat, genteng aspal, genteng keramik dll.

Memilih-Jenis-Genteng-Pada-Rumah

Dari banyaknya pilihan jenis genteng tersebut, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana ciri-ciri genteng yang baik untuk digunakan? Apa saja pertimbangan Anda dalam memilih genteng? Setidaknya kami membaginya menjadi 3 kriteria, diantaranya:

  1. Fungsional

Setiap jenis genteng diciptakan dengan fungsi yang berbeda-beda. Pilihlah jenis atap rumah yang sesuai dengan fungsi rumah Anda. Faktor-faktor genteng seperti beban berat, kekuatan, hingga teknik pemasangan harus Anda perhatikan agar memberikan rasa aman dan nyaman saat Anda berada di dalam rumah.

  1. Estetika

Selain berfungsi sebagai pelindung kita dari panas matahari dan hujan deras, atap rumah juga memiliki fungsi estetika bagi bangunan rumah. Seperti bentuk genteng yang presisi, rapi, hingga warna cat yang elegan, bisa membantu merepresentasikan siapa pemilik rumah tersebut. Jangan sampai rumah Anda terlihat usang hanya karena pemilihan atap yang kurang tepat.

  1. Durability

Catatan yang tidak kalah penting sebelum Anda memilih genteng adalah daya tahan pemakaian. Setiap jenis genteng memiliki tingkat keawetan yang beragam. Sebagai pemilik rumah, Anda punya kuasa untuk memilih jenis genteng mana yang memiliki daya tahan hingga puluhan tahun, baik secara fungsional maupun dari segi estetikanya.

Lalu, apa saja pilihan material yang umum digunakan oleh banyak atap rumah? Berikut kami telah menyiapkan beberapa jenis genteng yang banyak dijadikan pilihan untuk atap rumah, diantaranya:

Genteng Tanah Liat

Jenis atap ini banyak digunakan oleh mayoritas hunian rumah di Indonesia. Terbuat dari tanah liat yang dipress dan dibakar, jenis atap ini dipasang pada atap dengan tingkat kemiringan tertentu. Teknik pemasangan atap genteng, menggunakan teknik inter-locking yakni saling terikat dan mengunci.

Kelebihan:

  • Harga relatif lebih terjangkau
  • Bobotnya tidak terlalu berat jika dibandingkan dengan jenis atap yang lain
  • Meringankan beban atap
  • Bisa menjaga temperatur suhu ruangan dalam rumah

Kekurangan:

  • Perlu ketelitian dalam memasang reng dan penyusunan genteng supaya tidak terjadi kebocoran
  • Mudah berlumut dan berjamur
  • Harus dilapisi cat khusus genteng agar lebih awet dan tahan air

Genteng Beton

Banyak pengembang perumahan yang mulai memilih genteng beton sebagai alternatif pilihan atap rumah. Bagi Anda yang juga tertarik memakai jenis genteng ini, sebaiknya mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.

Seperti namanya, genteng beton memiliki ketahanan yang tinggi terhadap pelapukan, kebakaran, cuaca panas, dan serangan serangga. Hal tersebut dikarenakan bahan material genteng beton terbuat dari semen yang dilapisi dengan serat dan bahan aditif tertentu. Namun konsekuensinya, genteng beton memiliki bobot yang cukup berat dan harga genteng yang leih mahal.

Genteng Metal

Jenis ini merupakan inovasi terbaru yang mulai dilirik sebagai pilihan atap rumah. Memiliki kelebihan berupa bentuknya yang bermacam rupa dan warna, membuat atap rumah Anda tampil lebih indah. Ditopang dengan bobot yang cukup ringan, genteng metal memiliki efek yang bisa memantulkan cahaya matahari sehingga mengurangi suhu panas di dalam ruang rumah Anda. Sayangnya, inovasi terbaru dari atap rumah ini memiliki harga yang paling mahal jika dibandingkan jenis atap yang lainnya. Sampai saat ini, penggunaan genteng metal masih didominasi oleh perumahan-perumahan mewah.

Leave a reply "Tips Memilih Atap Rumah Sesuai Karakteristik dan Jenis Genteng"